Berita dan Pengumuman

Jelang Ramadhan UM Surabaya Siapkan 135 Da'i Mahasiswa untuk Wilayah Jawa Timur

  • Di Publikasikan Pada: 17 Mar 2023
  • Oleh: Ahmad Naufal

Bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam adalah satu-satunya Nabi yang dipilih untuk menyempurnakan akhlaq manusia, pun pada momentum ini kami mengutus para da’i mahasiswa untuk mendukung Indonesia berakhlaq.”

 

Tutur bapak dekan FAI Dr. Tho’at Stiawan, M.H.I. dalam petuahnya mengawali rangkaian acara Pelepasan MAFATHIR (Mahasiswa ber-Fastabiqu>l Khaira>t in Ramadhan) pada Rabu (15/03/2023) siang lalu. Walaupun acara berlangsung cukup lama, namun tampak para peserta tak kehilangan semangatnya dalam menyimak informasi dari para tamu undangan membayangkan medan dakwah yang akan mereka hadapi.

 

“Di lapangan pasti akan didapati bermacam-macam dinamika masyarakat walau dalam lingkungan Muhammadiyah. Karenanya, saya berpesan bahwa inilah pelajaran penting bagi para peserta sekalian dalam terjun ke masyarakat untuk memberi hasil yang baik. Sebab dibalik keinginan yang banyak berarti ada manfaat yang luar biasa.”

 

Yang tidak biasa dari agenda dakwah Ramadhan mahasiswa kali ini adalah adanya bentuk kolaborasi dari Ma’had Umar bin Al Khattab Surabaya dengan Program Studi Agama-Agama (SAA) FAI UM Surabaya yang mana keduanya masih berada dalam programnya masing-masing pada Ramadhan yang lalu. Dilain itu, kegiatan ini juga telah bermitra dengan 12 PDM dan 15 Panti Asuhan Muhammadiyah di Jawa Timur sebagai ‘laboratorium’ dakwah bagi 135 da’i yang akan disebar.

 

Sebagaimana pesan yang disampaikan oleh bapak Ikhwan Nurhadi, M.Pd.I selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kediri bahwa ada harapan besar pada seluruh peserta MAFATHIR 2023 Ramadhan ini untuk mampu memberikan kontribusi dan hasil yang baik di masyarakat. Juga sebagai implementasi yang diperoleh selama proses menimba ilmu di kampus UM Surabaya.

 

Sebagai bukti konkrit bahwa kegiatan ini telah disambut baik oleh masyarakat Jawa Timur. Salah satunya datang dari PDM Kediri yang mengajukan permintaan 10 da’i namun hanya mampu terealisasikan sebanyak 9 da’i. Pasalnya, permintaan daripada pengiriman da’i terus meningkat hingga melebihi kuantitas peserta yang tersedia. Tentunya kampus UM Surabaya akan tetap mengupayakan yang terbaik agar pembagian da’i mampu tersebar secara merata dan optimal.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan pesan Wakil Rektor UM Surabaya bapak Dr. Mundakir, S.Kep, M.Kep, Ns. yang mana beliau mengutip perkataan Prof. Dr. Syafiq A. Mughni tentang 5 karakter muslim berkemajuan yang kerap menjadi identitas Muhammadiyah sebagai bekal berharga para peserta MAFATHIR di manapun mereka berada nantinya.