Pusat Studi Hukum, Agama dan Keluarga (Pushaka) Program Studi Hukum Keluarga Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya ini merupakan wadah kajian dalam menampung dan mengembangkan kajian-kajian riset pada bidang hukum keluarga Islam.

Dalam program pengembangan kurikulum Prodi Hukum Kelaurga Islam (HKI) UMSurabaya, tertanggal 28 Desember 2019, beberapa stakeholder dan pengguna lulusan dilibatkan dalam pengembangan kurikulum. Selain internal Dosen dan Alumni, hadir juga pejabat Pengadilan Agama, pejabat Kantor Urusan Agama, serta advokat dari Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI).

Salah satu rumusan hasil dari pertemuan tersebut adalah perwujudan pusat kajian yang akan membahas secara sinergi dan berkelanjutan tentang kajian Hukum Keluarga Islam. Tercetuslah, nama Pusat Kajian Hukum, Agama dan Keluarga (Pushaka ) UMSurabaya. Sebuah wadah strategis bagi para aktor intelektual untuk melakukan kajian komprehensif dan holistik berkenaan dengan Hukum, Agama, dan Keluarga.

Visi Pushaka UMSurabaya adalah Menjadi Pusat Studi Hukum, Agama dan Keluarga Terdepan di Indonesia Berbasis Moralitas, Intelektualitas dan Integritas Tinggi.

Misi Pushaka UMSurabaya adalah

  1. Sinergitas UMSurabaya melalui Pusat Studi dengan lembaga peradilan agama, organisasi keagamaan, komnas perempuan-anak, komnas ham, serta asosiasi pengacara.
  2. Sebagai perwujudan komitmen kepada khalayak luas terkait dengan kinerja Pushaka UMSurabaya untuk menjadi mitra strategis dalam peningkatan kualitas keluarga dengan spesifikasi keilmuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia UMSurabaya dan menghidupkan budaya gerakan literasi hukum keluarga di Indonesia berbasis kampus.
  3. Menciptakan hubungan harmonis UMSurabaya dengan lembaga negara dalam rangka memenuhi amanah tri dharma perguruan tinggi

Program Kerja

  1. Pengajaran dan diseminasi pendidikan hukum keluarga Islam di UMSurabaya
  2. Kajian dan telaah ilmiah isu-isu hukum keluarga dan agama berbasis keilmuan civitas akademika UMSurabaya
  3. Penelitian tentang hukum, agama, dan keluarga
  4. Pengabdian masyarakat danpenyadaran masyarakat tentang ketahanan keluarga
  5. Pemantauan dan eksaminasi kasus-kasus dalam keluarga di Indonesia
  6. Pembentukan kader-kader dan duta Keluarga Hebat UMSurabaya dari unsur mahasiswa dan aktivis organisasi mahasiswa

 285 total kunjungan,  1 kunjungan hari ini

Leave a Comment