Keluarga adalah komponen terkecil dalam suatu lingkungan bermasyarakat. Baik buruknya suatu sistem keluarga maka akan berpengaruh terhadap lingkungan sekitar. Dalam menjalani kehidupan sehari – hari maka diperlukan kerjasama yang baik antar anggota keluarga guna untuk memenuhi, mengelola serta mempertahankan keutuhan keluarga. Setiap anggota keluarga memiliki peranan penting dalam berjalannya proses kekeluargaan. Hari ini 10 November 2020 bertepatan dengan hari pahlawan. Hari dimana para pejuang negara mempertaruhkan nyawa, waktu serta harta untuk memperebutkan keutuhan bangsa indonesia dari ancaman penjajahan. Hal ini bisa disamkan dengan konsep menjaga keutuhan keluarga. Dimana dalam sistem keluarga maka pejuang diibaratkan sebagai anggota dari sebuah keluarga. Dimana setiap anggota keluarga harus berjuang sesuai dengan perannya masing – masing untuk menjaga keutuhan keluarga.
Jika sebuah keluarga bisa diibaratkan sebagai sebuah organisasi, maka sebuat keluarga memerlukan adanya pemimpin. Pemimpin keluarga umumnya dipimpin oleh seorang laki – laki. Dimana tugas kepemimpinan ini disematkan kepada Ayah. Ayah disini bertugas sebagai pemimpin yang harus memastikan setiap anggotanya merasa aman, nyaman serta terpenuhi kebutuhannya. Seorang pemimpin keluarga harus mampu memimpin keluarganya agar mencapai tujuan dalam sebuah keluarga. Pemimpin keluarga harus mampu memenuhi kebutuhan keluarga, sehingga wajib hukumnya seorang kepala keluarga untuk mencari nafkah. Dalam memenuhi segala kebutuhan rumah tangga kepala keluarga bisa mencari nafkah dengan cara bekerja, berdagang dan sebagainya. Yang terpenting adalah nafkah yang diperoleh harus halal agar rezeki yang diperoleh menjadi berkah untuk semua anggota keluarga.
Peranan seorang ibu juga sangat penting dalam sistem keluarga. Ibu merupakan seorang manager yang harus mampu menghandle setiap keperluan keluarga, salah satunya dalam hal perekonomian. Seorang ibu harus bijak dalam mengatur keungan dalam kondisi apapun. Karena menurut fakta dilapangan, tidak semua suami berpenghasilan tinggi dan kaya. Oleh sebab itu, seorang istri harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Agar tidak terjadi permasalahan yang diakibatkan oleh kurangnya management keuangan dalam sebuah keluarga. Ini bisa dikatakan bahwa ibu adalah pahlawan perekonomian keluarga. Sehingga dalam menjalankan tugas dan kewajibannya perlu kita support dan apresiasi.
Dalam hal pengasuhan anak, peran ayah dan ibu sangat mutlak diperlukan. Ibu dan ayah merupakan contoh dan panutan anak – anaknya. Parenting yang baik akan menghasilkan karakter anak yang baik pula. Karena menurut saya faktor internal sangat berpengaruh terhadap karakter anak daripada faktor eksternal. Faktor internal adalah sebuah faktor yang bersumber dari dalam keluarga. Seperti sikap orang tua ke anak, suasana keluarga, tingkat permasalahan keluarga dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang terjadi di lingkungan pertemanan, sekolah, lingkungan tempat tinggal dan sebagainya. Oleh karena itu sebagai orang tua atau sebagai seseorang yang akan membina hubungan keluarga, maka kita harus paham betul tata cara parenting terhadap anak agar tidak terjadi permasalah dan perpecahan antar anggota keluarga.
Peran anak dalam sebuah keluarga adalah membatu orang tua dalam mencapai tujuan berkeluarga. Anak harus mengerti tugas dan kewajiban yang harus dijalankan. Sebagai seorang anak kita sebaiknya mandiri dan mampu mengatasi setiap permasalahan kita sendiri. Meskipun tidak semua permasalahan bisa kita selesaikan sendiri, tetapi setidaknya kita sudah mandiri dan dapat bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri. Dengan demikian maka keluarga bahagia akan terwujud jika setiap anggota keluarga paham akan tugas, hak dan kewajibannya masing – masing.

Nama saya Emilya Rosa – 20181551046
Saya adalah seorang mahasiswi Hukum Keluarga Islam dari Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

 101 total kunjungan,  4 kunjungan hari ini

Like and Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment