Menjadi pahlawan bukan hanya soal kata atau perbuatan, menjadi pahlawan justru dapat di ambil dari semua aspek. Salah satu pahlawan yang sampai saat ini tidak mau disebut pahlawan adalah ibu. Kenapa seperti itu? Alasannya simple, bagi dia kebahagiaan keluarga adalah yang terpenting tanpa harus memikirkan kondisinya. ibu, dia telah berjuang mengandung anaknya 9 bulan tanpa rasa lelah dan letih serta berjuang nyawa untuk melahirkan anaknya, perjuangan hidup mati yang tak sia-sia. mungkin ada sedikit cerita dari kawan saya yang mana dia sangat kagum dan kaget sekali mengetahui perjuangan ibunya mencari nafkah setiap hari untuk menghidupi dirinya dan kedua kakaknya, sebelumnya dia merasa bahwa ibunya jarang memiliki waktu bersama tapi dia belum tau kenapa ibunya jarang dirumah sekalinya dirumah dia hanya tidur setelah itu masak kemudian berangkat kerja.
Tanpa dia sadari sejak adzan shubuh berkumandang ibunya sudah bangun dan bersiap untuk pergi ke pasar untuk berjualan kemudian di siang hari dia pulang dan beristirahat, di sore hari ibunya berangkat kerja lagi kali ini dia jaga warung sampe larut malam, jadi di pikiran kawan saya ini ibunya tidak memiliki waktu bersamanya padahal dalam satu sisi ibunya harus menghidupi perekonomian keluarga dan menyekolahkan dia dan kakaknya setinggi-tinggi nya yang mana cita-cita tersebut kesepakatan ibu dan almarhum ayahnya sebelum ayahnya meninggalkan mereka berempat. Jadi ibunya harus menjadi kepala rumah tangga dan ibu rumah tangga untuk seterusnya.
Dalam kisah di atas dapat kita ambil point pentingnya disini, menjadi pahlawan tidak harus menunggu dipuji dan menunggu hari pahlawan. Menjadi pahlawan untuk keluarga bagi ibu adalah setiap hari. Mulai dari kalian lahir sampai tumbuh dewasa orang tua adalah hal penting bagi kalian, dari menghidupi ekonomi serta menyekolahkan anak-anaknya. Kita tidak pernah tau berapa lembar uang yang sudah dikeluarkan oleh mereka untuk menyekolahkan kita setinggi tinggi nya agar mampu meraih cita-cita yang di inginkan, yang kita nikmati saat ini adalah hasil dari jerih payah keringat orang tua tanpa kita ketahui betapa lelah nya dia bekerja.
Sebenarnya semua orang bisa di cap sebagai pahlawan namun memiliki konteks yang berbeda. Mungkin yang banyak di ketahui oleh umum adalah pahlawan nasional yang mana mereka telah berjuang untuk melawan penjajah dan jasa-jasa mereka pula yang sampai saat ini di kenal dimasyarakat, siapa saja bisa menjadi pahlawan apalagi untuk saat ini di zaman yang serba digital ini semua orang berharap mampu menjadi pahlawan di bidangnya, contoh saja pemain sepak bola lionel messi, dia dicap sebagai pahlawan dari klub Barcelona spanyol yang mana dia telah sukses memberikan andil besar terhadap prestasi klub tersebut
Contoh lain yang lebih social yakni pahlawan kemanusiaan, banyak saat ini kegiatan-kegiatan social atau badan-badan yang dilakukan oleh sekumpulan organisasi untuk membantu orang yang kesusahan/ yang membutuhkan. Contoh saja lazismu, ini adalah badan dibawah naungan muhammadiyah yang mana badan ini untuk menampung infaq dari masyarakat kemudian di salurkan kembali untuk pemberdayaan dan kebutuhan masyarakat yang kurang mampu. Jadi dari situ dapat kita ketahui menjadi pahlawan pun bisa setiap hari di lakukan oleh siapa pun orangnya baik individu atau kelompok kalian bisa menjadi pahlawan bagi sekitar maupun diri sendiri

 97 total kunjungan,  1 kunjungan hari ini

Like and Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment