Laboratorium Peradilan Semu (Moot court) Universitas Muhammadiyah Surabaya adalah unit di bawah Prodi Ilmu Hukum dan Prodi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya yang berfungsi untuk melakukan pelatihan dan simulasi (peradilan semu) atas persidangan baik yang berupa matakuliah serta persiapan atas lomba-lomba di tingkat nasional dan internasional.

Lab Peradilan Semu UMSurabaya ini telah bekerjasama dengan Ikatan Hakim Indinesia (IKAHI), Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI), Komisi Yudisial, dan Lembaga Bantuan Hukum UMSurabaya.

Sebagai salah satu kajian keilmuan di bidang hukum yang menjadi kegiatan ekstrakulikuler, kebaradaan Peradilan Semu menjadi bentukan ruang imajiner yang mendekati kenyataan terkait praktikum peradilan di Indonesia, baik peradilan agama maupun peradilan negeri.

Selain itu Peradilan semua sebagai wadah bagi mahasiswa Prodi Ilmu Hukum dan Prodi Hukum Keluarga Islam untuk belajar mengenai praktik beracara pada proses peradilan, lebih tepatnya pada hukum acara ataupun hukum formil. Kegiatan peradilan semu merupakan simulasi dari proses peradilan yang sebenarnya.

Peradilan Semu juga menjadi tempat penempaan mahasiswa hukum dalam mengikuti ajang perlombaan terkait peradilan semu yang biasa disebut Kompetisi Peradilan Semu atau Moot Court Competition (MCC).

Secara umum, program Lab Peradilan Semu adalah :

  1. Pengajaran dan Simulasi Peradilan
  2. Pembelajaran Peran dalam deskripsi tugas beberapa pihak di pengadilan agama
  3. Praktik Penyelesaian kasus-kasus dalam keluarga dengan pola mediasi
  4. Pengajaran berkaitan hukum formil dan materiil peradilan

 185 total kunjungan,  1 kunjungan hari ini

Leave a Comment