Laboratorium Ilmu Falak merupakan tempat melaksanakan praktik Ilmu Falak. Pembelajaran Ilmu Falak pada Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) didasarkan kepada kompetensi Hakim Pengadilan Agama untuk memutuskan penetapan awal tahun baru hijriyah. Selain itu, pembelajaran ini dilakukan dalam rangka menyiapkan kader pada divisi Hisab Rukyat Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah pada berbagai tingkatan.

Hingga saat ini, pembelajaran Ilmu Falak pada Program Studi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya dijadikan sebagai penciri pembelajaran. Dengan berbagai fasilitas dan sarana-prasarana yang memadai, pembelajaran Ilmu Falak yang ditunjang dengan laboratorium dan alat praktikum diharapkan dapat menghasilkan akademisi dan praktisi yang unggul dalam ilmu falak.

Keberadaan laboratorium ini semakin ditunjang dengan adanya Klub Astronomi UMSurabaya. Klub tersebut merupakan klub astronom amatir yang memiliki jejaring komunikasi dan kerjasama dengan berbagai klub astronomi sebaya pada tingkat regional, nasional maupun internasional.

 315 total kunjungan,  1 kunjungan hari ini

Leave a Comment