Laboratorium ini sebagai wadah untuk melakukan praktikum yang berkaitan dengan peningkatan dan penajaman kompetensi mahasiswa dalam bidang Kelurga Islam.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam Laboratorium Keluarga Islam adalah praktikum akad nikah dan yang berkaitan dengan Kantor Urusan Agama serta praktikum pola mediasi konflik keluarga.

Selain itu, Laboratorium Hukum Kelaurga Islam sudah menjadi tempat nyaman bagi mahasiswa Prodi HKI untuk berdiskusi, meneliti, dan membuat karya yang berkaitan dan menunjang kompetensi mahasiswa Hukum Keluarga Islam.

Visi Lab HKI UMSurabaya adalah Menjadi Laboratorium Keluarga Islam yang mandiri, profesional, serta berwawasan maju dalam bidang Hukum Keluarga Islam berbasis Perguruan Tinggi.

Misi Lab HKI UMSurabaya adalah

  1. Sinergitas UMSurabaya melalui Laboraoritum HKI dengan lembaga peradilan agama, mediator, organisasi keagamaan, Kantor Urusan Agama, dan Asosiasi Pengacara.
  2. Sebagai perwujudan komitmen kepada khalayak luas terkait dengan kinerja LAB HKI UMSurabaya untuk menjadi mitra strategis dalam peningkatan kualitas keluarga dengan spesifikasi keilmuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia UMSurabaya dan menghidupkan budaya gerakan literasi hukum keluarga di Indonesia berbasis kampus.
  3. Menciptakan hubungan harmonis UMSurabaya dengan lembaga negara dalam rangka memenuhi amanah tri dharma perguruan tinggi

Program Kerja

  • Pengajaran dan diseminasi pendidikan hukum keluarga Islam di UMSurabaya
  • Pengajaran dan Penelitian Ilmu Falak
  • Praktik Penyelesaian kasus-kasus dalam keluarga dengan pola mediasi
  • Pembentukkan kader-kader dan duta Keluarga Hebat UMSurabaya, bekerja sama dengan Pusat Studi Hukum, Agama dan Keluarga (Pushaka) UMSurabaya.

 255 total kunjungan,  1 kunjungan hari ini

Leave a Comment