Dalam pembelajaran, keberadaan kontrak kuliah atau kontrak perkuliahan sangat penting dan bermankna. Kontrak perkuliahan laksana menjadi rambu dan aturan dalam proses pembelajaran yang dipatuhi oleh sivitas akademik.

Pada praktiknya, kontrak kuliah bisa menjadi pemandu dosen dan mahasiswa untuk mengetahui selayang pandang (overview) mata kuliah, serta bisa menjadi pemandu, atau dalam istilah Profesor Amin Abdullah sebagai mind map (peta pikiran), dalam proses pembelajaran dalam satu semester.

Beberapa hal ini adalah penjelasan umum yang perlu diketahui dalam kontrak perkuliah

A. Definisi :

Kontrak perkuliahan merupakan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa mengenai berbagai aspek perkuliahan termasuk di dalamnya mengenai bentuk dan isi program belajar.

Fungsi kontrak perkuliahan adalah menjelaskan peranan dan tanggungjawab mahasiswa dan dosen dalam rangka meningkatkan efisiensi belajar.

B. Tujuan :

Pedoman penyusunan kontrak perkuliahan ini disusun dengan maksud untuk dapat membantu dosen dalam menyusun kontrak perkuliahan/kontrak belajar bagi setiap mata kuliah yang diampu, agar pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dapat terlaksana dengan baik, efektif dan efisien.

C. Ruang Lingkup :

Mencakup prosedur baku dalam melakukan penyusunan kontrak perkuliahan di Program Studi

D. Pihak yang Terkait :

Rektor UMSurabaya, Kaprodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah), Dosen Pengampu Mata Kuliah, Tim Dosen Pengampu Mata Kuliah, dan Mahasiswa.

E. Referensi 

Statuta Universitas Muhammadiyah Surabaya 2017-2021. Statuta bisa diakses : http://bit.ly/3kGH0W4

F. Prosedur/Proses

Dosen melakukan penyusunan kontrak perkuliahan bersama tim mata kuliah dengan menjelaskan komponen-komponen kontrak perkuliahan yang terdiri atas :

  1. Manfaat Mata Kuliah. Diisi dengan menjelaskan tentang manfaat dan kompetensi yang diperoleh mahasiswa setelah menyelesaikan mata kuliah yang diajarkan.
  2. Deskripsi Mata Kuliah. Diisi dengan menguraikan ruang lingkup mata kuliah, kaitannya dengan mata kuliah lain dan kompetensi lulusan program studi yang telah ditetapkan.
  3. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Diisi rumusan Kemampuan Akhir (KA) dari matakuliah yang menggambarkan kemampuan mahasiswa yang diharapkan setelah satu semester mengikuti pembelajaran. Di samping itu disebutkan pula sub-CPMK dalam setiap aspek materi pokok yang harus dilatihkan kepada mahasiswa
  4. Strategi Perkuliahan. Diisi dengan menguraikan strategi Student Centered Learning (SCL) agar proses pembelajarn berjalan dengan suasana kondusif.
  5. Materi Pokok. Diisi dengan menguraikan materi bahsan sebagi materi bahan ajar yang dibutuhkan mahasiswa untuk mencapai CPMK yang telah ditentukan.
  6. Bahan Bacaan. Diisi dengan sumber belajar yang dipaka sebagai acuan dalam proses pembelajaran.
  7. Tugas-Tugas. Diisi dengan tugas-tugas yang diberikan seperti pembuatan paper, mereview, jurnal, dan pendalaman materi, praktikum dan kuliah lapangan.
  8. Kriteria Penilaian. Diisi dengan teknik dan instrument penilaiain yang akan digunakan.
  9. Jadwal Kuliah. Diisi dengan menyebutkan tanggal perkuliahan, pokok bahasan yang diberikan dan bahan bacaan yang digunakan.
DosenTim Dosen Mata KuliahMahasiswaProdiKetranganPIC
1   1. Dosen menyusun kontrak perkuliahanDosen
22  2. Mendiskusikan dengan dosen mata kuliah pada semester aktifDosen dan Tim dosen mata kuliah
3 3 3. Dosen membuat komitmen dengan mahasiswa berdasarkan kontrak perkuliahanDosen dan Mahasiswa
4 4 4. Perwakilan mahasiswa menyetujui kontrak perkuliahan dengan menandatangai kontrak dan menyerahkan kembali pada dosen 
5  55. Dosen meletakkan kontrak perkuliahan di laman Prodi, atau drive yang bisa diakses mahasiswa 
   66. Prodi mengarsipkan perangkat pembelajaran dan kontrak perkuliahan 
Berikut DIagram Alur dalam Penyusunan Kontrak Kuliah

(Disusun dari berbagai sumber)

 44 total kunjungan,  2 kunjungan hari ini

Like and Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment