Gadget merupakan salah satu alat komunikasi atau alat bantu yang sangat penting bagi masyarakat pada zaman modern ini, hampir semua hal di dunia ini bisa kita akses melalui gadget, banyak masyarakat saat ini menghabiskan waktunya bersama gadget untuk melakukan hal-hal yang mereka anggap penting maupun sama sekali tidak penting. Orang orang saat ini menggunakan gadget mulai dari untuk bekerja, untuk menghubungi orang yang jaraknya tidak dekat dengan kita, dll. Dan bagaimana dampak gadget mengenai interaksi atau komunikasi dalam keluarga.
Pada era digital saat ini banyak kalangan keluarga yang sudah memiliki gadgetatau menggunakan gadget, bahkan ada setiap anggota keluarga mempunyai gadgetnya sendiri-sendiri, saat imi seringkali para anggota keluarga menggunakan gadget didalam rumah dengan berbagai alasan, ada yang karena bosan dengan suasana dirumah karena sepi dan tidak mempunyai kegiatan atau pekerjaan lain didalam rumah. Bahkan mereka jarang berbincang dengan anggota keluarga mereka secara langsung. Dan itu menyimpulkan bahwa gadget dapat membuat jarak antara anak dan orang tua atau dengan anggota keluarga yang lainnya.
Tapi tidak semua penggunaan gadget memiliki dampak yang buruk bagi keluarga, contohnya seperti kita bisa melakukan video call dengan orang yang jauh dari kita atau yang sedang diluar kota denga menggunakan gadget atau smartphone, dan juga jikalau orang tua kita atau ibu kota ingin memasak sesuatu tetapi tidak mengetahui resepnya, kita bisa mengakses melalui gadget dan mencari resep makanan yang dimaksud di internet melalui gadget, dan bisa juga untuk berbelanja lewat situs online qgar lebih mudah dan mengikuti protokol dari pemerintah diakrenakan adanya virus yang saat ini melanda di berbagai penjuri dunia.
Selain itu banyak juga dampak negatif yang diperoleh karena penggunaan gadget dalam keluarga, seperti kurangnya waktu kebersamaan kita dengan keluarga karena seringnya menghabiskan waktu dengan gadget daripada dengan keluarga, kurangnya interaksi atau komunikasi dengan keluarga secara langsung karena masing masing anggota keluarga lebih banyak memandangi gadgetnya bahkan ada yang hanya didalam kamar saja dan tidak keluar sama sekali hanya sekedar bermain dengan gadgetnya, dan bisa juga bersampak buruk bagi anak ank dibawah umur yakni bisa mengalami kecanduan menggunakan gadget tanpa pengawasan orang tua bahkan bisa merusak mata anak anak dibawah umur.
Jadi banyak sekali dampak yang dihasilkan dari penggunaan gadget dalam keluarga dari dampak positif dan tidak sedikit juga dampak negatif yang ditimbulkan. Oleh karena itu disarankan pada kita untuk mengatur waktu penggunaan gadget atau lebih menguranginya didalam lingkungan keluarga, dan lebih mengutamakan berkomunikasi atau berinteraksi dengan anggota keluarga agar hubungan keluarga semakin erat dan harmonis, dan juga agar tidak ada jarak antara anggota keluarga karena kurangnya interaksi dan komunikasi.
Pada zaman modern seperti sekarang ini, gadget bukanlah benda yang asing lagi bagi kita. Bahkan tidak sedikit orang orang yang kita dapati ditangannya selalu memegang gadget atau smartphone. Memang benar gadget pada saat ini sangatlah penting, apalagi dimasa pandemi yang sekarang melanda hampir seluruh belahan dunia, dan berdampak pada kegiatan kita diluar longkungan rumah seperti kerja, sekolah, ataupun kegiatan lainnya, yang terpaksa harus dilakukan didalam rumah dan menggunakan gadget atau smartphone, hal itu semua dilakukan untuk mengantisipasi kita supaya tidak mudah tertular atau terdampak virus yang sedang melanda pada saat ini, dan juga supaya virus tidak menyebar luas dan tidak menambah angka korban yang terjangkit virus covid-19 ini.

 80 total kunjungan,  1 kunjungan hari ini

Like and Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment