Pembelajaran hadis seringkali didasari dengan ketelitian dalam melakukan validasi hadis, yakni dengan merujuk pada sumber kitab kumpulan/koleksi hadis yang telah disusun. Dalam kajian hadis, para ulama yang mengoleksi hadis, lalu membukukannya disebut sebagai mukharrij al-hadis (kolektor hadis), sementara proses pembelajar hadis dalam merujuk dan mevalidasi sumber dan letak hadis disebut takhrīj al-hadis (lihat penjelasan awal terkait pengenalan takhrij hadis pada tautan ini)

Kendati makna takhrīj hadis tidak sesederhana itu, hanya saja, melakukan rujukan yang tepat dalam menemukan sumber dan letak hadis, memastikan matn al-hadis (isi hadis) tertuang lengkap dengan mata rantai perawinya ( disebut sanad) menjadi hal pertama dalam proses pelacakan hadis.

Di era saat ini, ketelitian dalam validasi hadis melalui takhrīj hadis telah dibantu tingkap ketepatan dan kecepatannya dengan beberapa aplikasi yang sangat memudahkan. Salah satunya, dengan Maktabah Syamilah.

Penggunaan Maktabah Syamilah, yang berisi ribuan kitab dengan berbagai disiplin ilmu, salah satunya mutūn al-hadis (matan-matan hadis) sudah sangat membantu dalam mempercepat pencarian hadis. Bahkan, Maktabah Syamilah untuk PC / Laptop pada versi 3.28 saja, tidak hanya membantu pencarian 9 kitab hadis, namun 161 kitab koleksi hadis. (File Maktabah Syamilah dengan size 22 Giga, bisa diunduh di sini )

Sementara aplikasi 9 kitab hadis untuk Android ada beberapa yang bisa digunakan, salah satunya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Girfa. Secara umum, aplikasi ini sangat memudahkan bagi pembelajar hadis, terlebih yang ingin mendapatkan akses ke sumber 9 kitab hadis induk.

Kesembilan kitab tersebut adalah : 1. Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, 2. Ṣaḥīḥ Muslim, 3. Sunan al-Nasā’ī, 4. Sunan Abū Daūd, 5. Sunan Ibnu Mājah, 6. Sunan al-Tirmīdzi, 7. Musnad Aḥmad, 8. Muwaṭṭa’ Mālik, 9. Sunan al-Dārimī.

Di antara kelebihan aplikasi ini adalah: Keterhubungan antara satu file kitab dengan file kitab lainnya. File ini ada 9 aplikasi. Hanya saja, Saat membuka satu ikon dari aplikasi tersebut, semisal Kitab al-Bukhari, pada hasil pencarian akan diberikan informasi tentang hadis hadis yang semakna dan mirip yang tersebar di kitab hadis lainnya.

Hal ini berarti, opsi Perbandingan hadis bisa dimungkinkan. Sebagai ilustrasi, jika kita sedang mencari hadis tentang Wuḍū’ dalam kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhāri, maka akan ditampilkan satu/beberapa hadis lengkap dengan struktur sanad, terjemah hadis, dan perbandingan hadis tentang Wuḍū’ dalam kitab hadis lainnya. Tinggal di-klik, langsung terbuka. Tentu saja, dengan catatan hadis yang dituju telah di-install.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk diatur dengan/tanpa menggunakan harakat pada teks hadis dan sanadnya, juga bisa menghidupkan/mematikan fitur terjemah. Bagi yang memiliki kompetensi Bahasa Arab, melakukan penerjemahan secara mandiri lebih disarankan.

Aplikasi 9 Kitab Hadis untuk Android yang dikembangkan oleh Girfa tersebut bisa diunduh di sini.

Semoga bermanfaat.

 1,184 total kunjungan,  22 kunjungan hari ini

Like and Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment