Oleh : Adinda Risa Alfaini, Mahasiswa Semester V Prodi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya

Seiring perkembangan zaman, teknologi menjadi suatu kebutuhan dalam masyarakat modern saat ini. Kehadiran gadget sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak di haruskan untuk melek teknologi, apalagi dalam situasi saat ini hampir semua kegiatan sosial dilakukan dengan daring. Entah itu pekerjaan, kuliah, sampai sekolah.

Jadi sudah tidak heran jika sekarang ini banyak sekali ditemui anak-anak kecil yang sudah lihai mengoperasikan gadget atau ponsel. Selain dapat digunakan komunikasi dan bersosial jarak jauh, adakah dampak negatif terhadap lingkungan sekitar terutama dalam keluarga yang benar-benar nyata ada didekat kita?.

Di saat pandemi seperti sekarang ini, tentunya segala macam pekerjaan dilakukan dirumah. Segala pekerjaan perkantoran dan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan daring. Dengan adanya gadget maka dapat membantu kinerja kita. Juga ketika kita ingin berkomunikaai dengan keluarga atau kerabat yang jauh, gadget menjadi solusinya. Misalmya dengan adanya fitur video call, seorang ibu dapat bertatap muka dan melepas rindu dengan anaknya yang sedang mengeyam pendidikan di luar negeri, dan lain sebagainya.

Memang alat komunikasi dapat menjadi suatu keuntungan lebih agar dapat menghubungkan anggota keluarga yang dipisahkan oleh jarak menjadi lebih dekat. Namun apakah kehadiran gadget ini malah menjauhkan anggota keluarga yang dekat karena masing-masing sibuk dengan urusannya? Apakah hal ini wajar dan sering terjadi? Bila iya, bagaimanakah nasib komunikasi keluarga yang harusnya dijalin dengan akrab dan hangat?

“Quality time”
Di tengah kesibukan dan aktivitas yang padat, diperlukan meluangkan beberapa saat untuk quality time bersama keluarga. Tidak harus mahal atau melakukan kegiatan di luar ruang, di rumah saja kita dapat menciptakan quality time bersama keluarga. Misalnya dengan mengurangi penggunaan gadget dan lebih banyak berinteraksi dengan anggota keluarga lain.

Menyisihkan sedikit waktu untuk bercengkrama bersama akan membuat anggota keluarga merasa dihargai dan juga saling menghargai.
Menghabiskan waktu bersama keluarga juga membantu kita untuk bisa memiliki hubungan yang erat dengan tiap anggota keluarga. Kita akan merasa lebih nyaman dan terbuka bersama dengan keluarga. Dengan begitu dapat menjadi peluang kita untuk mengetahui hari-hari dari tiap anggota keluarga.

Kita bisa menyadari jika terdapat masalah yang terjadi pada salah satu anggota keluarga yang tidak pernah kita ketahui. Dan mungkin kita dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut sehingga para anggota keluarga juga bisa mendapatkan suatu keyakinan bahwa kita bisa diandalkan.
Beberapa tips untuk menciptakan quality time bersama keluarga :
Pada dasarnya, semua waktu yang dilalui bersama keluarga adalah quality time.

Quality time bersama keluarga juga dapat disisipkan ke dalam keseharian kita.
1. Buat jadwal tetap
Diskusikan dan tetapkan jadwal yang tetap untuk quality time bersama keluarga. Misalnya, menonton film bersama tiap Rabu malam, dan sebagainya. Kita juga bisa menjadikan waktu sarapan, makan siang, ataupun makan malam sebagai waktu bersama keluarga.

2. Atur tanggung jawab di rumah
Bila semua anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing dan kewalahan dalam mengatur rumah, sulit merealisasikan hal ini. Oleh karenanya, atur tanggung jawab tiap anggota keluarga saat di rumah agar waktu yang terpakai efisien dan bisa menyisakan untuk waktu bersama keluarga.

3. Cari aktivitas yang bisa dilakukan bersama
Saat akan melakukan waktu bersama keluarga, cobalah untuk mencari kegiatan yang menarik untuk tiap anggota keluarga. Contohnya, jika kita sekeluarga suka olahraga maka mulai olahraga tiap Ahad pagi bisa menjadi waktu spesial bersama keluarga.

4. Bentuk keluarga sebagai satu tim
Quality time baru dapat dibentuk bila tiap anggota keluarga menyadari pentingnya kebersamaan dan memiliki keinginan yang sama untuk menerapkannya. Tekankan bahwa keluarga adalah sebuah tim dan bukan kumpulan individu yang kebetulan tinggal dalam satu rumah.

 175 total kunjungan,  1 kunjungan hari ini

Like and Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment